24 January 2025

Kepala LP3M UG Menjadi Narasumber Pada Webinar “E-gov Voices”

0
Kepala LP3M UG Menjadi Narasumber Pada Webinar “E-gov Voices” COVER

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pelayanan publik. Konsep “Pelayanan Publik 4.0” mengacu pada pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan kualitas layanan publik. Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas AMIKOM Yogyakarta pada tanggal 22 Juli 2024 menyelenggarakan Webinar dengan tema “Pelayanan Publik 4.0 Transformasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Aksesbilitas, Efisiensi, dan Kualitas Layanan”.

Diskusi ilmiah ini secara umum bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana transformasi digital dapat diimplementasikan secara efektif dalam pelayanan publik serta tantangan dan peluang yang terkait. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut MoA dengan Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Gorontalo dan Universitas AMIKOM Yogyakarta. Secara khusus diskusi ini bertujuan: 1. Menyediakan platform untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang transformasi digital dalam pelayanan publik. 2. Menganalisis tantangan dan peluang dalam penerapan teknologi digital untuk meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan kualitas layanan public, 3. Mengidentifikasi praktik terbaik dan kebijakan yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan transformasi digital dalam pelayanan publik.

Topik dan pembicara dalam diskusi tersebut terdiri: Sub Topik 1: Teknologi Digital dalam Pelayanan Publik, Pembicara: Fransiskus X. Gian Tue Mali, M.Si, dosen, Universitas Kristen Indonesia. Topik ini mendeskripsikan berbagai teknologi digital yang dapat diterapkan dalam pelayanan publik, termasuk e-government, sistem informasi berbasis cloud, dan big data. Sub Topik 2: Meningkatkan Aksesibilitas melalui Transformasi Digital, Pembicara  Dr. Doris Febriyanti, S.IP., M.Si,  Dosen Universitas Indo Global Mandiri yang menguraikan bagaimana teknologi digital dapat membantu meningkatkan aksesibilitas layanan publik bagi berbagai lapisan masyarakat, termasuk kelompok rentan. Sub Topik 3: Meningkatkan Efisiensi Layanan Publik dengan Digitalisasi,  Pembicara: Dr. Dikson Junus, M.P.A, Dosen Universitas Gorontalo yang menyajika studi kasus dan analisis tentang bagaimana digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi operasional dan pengelolaan layanan publik. Dan Sub Topik 4: Menjamin Kualitas Layanan Publik di Era Digital, Pembicara: Ferri Wicaksono, S.IP., MA, Dosen, Universitas Amikom Yogyakarta yang membahas strategi dan metode untuk memastikan kualitas layanan publik tetap terjaga atau meningkat di tengah transformasi digital.

Diskusi ini direncanakan dapat melibatkan peserta terutama dari kalangan akademisi, praktisi pelayanan publik, serta pembuat kebijakan yang memiliki minat dan pengalaman dalam bidang pelayanan publik dan teknologi digital. Metode Diskusi Diskusi akan dilakukan dalam format seminar dengan presentasi dari pembicara diikuti dengan sesi tanya jawab. Selain itu, akan ada sesi panel untuk mendalami topik-topik spesifik dan berbagi pengalaman dari berbagai perspektif. Outcome diskusi ini: 1. Pengetahuan yang lebih baik mengenai implementasi teknologi digital dalam pelayanan publik. 2. Identifikasi tantangan dan solusi praktis dalam transformasi digital. 3. Rekomendasi kebijakan dan praktik terbaik untuk penerapan teknologi digital dalam pelayanan publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LP3M UNIGO