22 July 2024

KAMPUS (RG.COM) – Universitas Gorontalo (UG) naik klaster utama dalam klasterisasi perguruan tinggi tahun 2024 berdasarkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal itu sebagaimana surat pengumuman dari Kemendikbudristek Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nomor : 1639/E5/AL.04/2023 tertanggal 30 Desember 2023.

Surat pengumuman itu berdasarkan Keputusan Direktur Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor : 1350/E5/PG.02.00/2023 tanggal 28 Desember 2023 tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Sebagaimana dijelaskan dalam surat itu, klasterisasi perguruan tinggi tahun 2024 didasarkan pada hasil olahan data kinerja berbasis SINTA dalam periode tahun 2020 hingga 2022.

Di mana, data kinerja yang diperhitungkan merupakan data yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat perguruan tinggi meliputi data penulis (author), afiliasi, artikel, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kekayaan intelektual dan buku.

Ketua LP3M UG, Dr. Drs. Dikson Junus, M.PA menjelaskan, capaian UG naik dari klaster dari madya ke utama, sangat berkaitan dengan keaktifan dosen melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

“Jadi indikator yang dinilai itu, pada keaktifan dosen melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, khususnya yang berkaitan dengan publikasi. Di mana, skor SINTA dari masing-masing dosen itu mengalami kenaikan, sehingga secara institusi memberikan pengaruh pada klasterisasi perguruan tinggi,” terang Dr. Dikson.

Lanjut kata dia, peran LP3M dalam memfasilitasi dan mendampingi setiap dosen juga menjadi salah satu kunci keberhasilan atas pencapaian yang diraih.

“Jadi, memang kami dari LP3M terus mendampingi dosen-dosen untuk melakukan sinkronisasi data,” jelasnya.

Ia pun mengaku, sebenarnya banyak sekali artikel yang sudah dipublikasi dalam jurnal, baik itu di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional. Begitu juga buku yang dihasilkan, termasuk HaKI.

“Hanya memang kan teman-teman dosen ini harus diingatkan terus untuk melakukan input dan sinkronisasi. Dan alhamdulillah personil kita, khususnya di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, itu terus melakukan pendampingan,” ujarnya.

“Sehingga banyak peningkatan yang berkaitan dengan rekam jejak kita di SINTA dan itu menjadi indikator klasterisasi UG mengalami peningkatan ke klaster utama,” tandas Dikson.

Sementara Rektor UG, Dr. Sofyan Abdullah, SP, MP mengaku bangga atas prestasi ini.

Ia pun bersyukur atas pencapaian yang diraih lewat kinerja positif dari para dosen dan tentunya lewat pendampingan langsung pihak LP3M.

“Saya berterima kasih kepada teman-teman dosen dan LP3M yang sudah membantu proses penginputan atau pelaporan dan sinkronisasi di SINTA,” tuturnya. (RG-56)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LP3M UNIGO